seni rupa monumental Mesir






            MENGIDENTIFIKASI CIRI-CIRI KHAS SENI RUPA MESIR YANG BERSIFAT MONUMENTAL.
Mesir Kuno adalah suatu peradaban kuno di bagian timur laut Afrika. Peradaban ini terpusatsepanjang pertengahan hingga hilir Sungai Nil yang mencapai kejayaannya pada sekitar abad ke-2 SM. Kesenian Mesir Kuno Sejak dahulu mereka sudah mengenal ilmu pengetahuan kesenian dan sudah mengenal jenis tulisan yang disebut sirogli. bangsa Mesir mempunyai kepercayaan dengan berbagai kultus pemujaan  dan penganut Polytheisme. dari kepercayaan itulah muncul seni Mesir yang bersifat sakral penuh magis dan misteri mulai dari pembuatan mumi seni lukis seni patung sampai pada bangunan yang monumental dan raksasa.

Karakter  Bangunan  Arsitektur Mesir
Bangunan di Mesir mempunyai 3 karakter, yaitu :
Bangunan untuk Dewanya yaitu kuil Bangunan makam untuk Firaun/ Raja
dewa yang sudah meninggal (rumah abadi/Piramid)
Bangunan rumah tinggal biasa untuk orang hidup yang berstrata : istana, rumah bangsawan, rumah rakyat biasa.



Bangunan Kuil dan Makam
Bangunan kuil biasanya merupakan suatu kompleks pemujaan yang lengkap mencakup tempat tinggal para pendeta, kolam suci, bengkel kerja dan lain-lain. Bangunan demikian ini tidak ada yang sama antara suatu tempat dengan tempat yang lain, akan tetapi ada bagian pokok, dimana terdapat pada setiap kuil yaitu bangunan gerbang (pilon). Kuil Dewa merupakan bangunan besar berdinding yang dibangun pada lantai datar dan terbuat dari batu pasir.
Bangunan makam merupakan bangunan yang dibuat secara bertahap mulai dari bentuk yang sederhana sampai mencapai bentuk yang sempurna. Bentuk makam tersebut adalah : Mastaba, Piramid, Tangga, Piramid bengkok dan akhirnya Piramid sempurna.


Seni Patung Mesir Kuno
Berdasarkan  sikap tubuhnya,  patung Mesir dibedakan menjadi
• Patung Kourus,  yaitu patung yang memakai tutup kepala berdiri tegap, tangan kanan  dikepalkan disamping dan kaki kirinya dilangkahkan kedepan.
Patung kore, yaitu patung ratu yang ciri - cirinya sama dengan kourus hanyakaki kirinya tidak melangkah dan berpakain lengkap.
patung dalam bentuk lain disebutSphyn: yaitu patung berkepala raja berbadan singa


Seni relief Mesir Kuno
• ditemukan pada lembaran papyrus, peti mati dan dinding. Kesan yang ditampilkan bersifat dekoratifilustratif dan simbolis, dengan cara menggambar
• bersifat ideoplastis mengungkapkan apa yang dipikirkan dan bukan yang dilihat sebenarnya
• Menggunakan prespektif batin artinya menggambarkan besar kecilnya objek bukan ditentukan oleh jarak pandangan melainkan berdasarkan martabat orang yangdigambarkan.









Komentar

Postingan populer dari blog ini

perbedaan sket dengan sketsa

Pengertian seni grafis, hakikat, dan ruang lingkup seni grafis