Pengertian seni grafis, hakikat, dan ruang lingkup seni grafis

 Hasil gambar untuk seni grafis
Materi seni grafis


Seni Grafis atau print making adalah seni cetak mencetak. Hakikat dari seni grafis adalah reproduksi,  yang mampu mereproduksi  hasil karya dalam jumlah yang banyak. 

Dalam seni grafis terdapat dua jenis pembagian berdasarkan kegunaan, diantaranya : art (seni murni) dan desaign (terapan). Pada pembahasna desaign, dapat berupa 2 dimensi dan 3 dimensi, namun dalam mata kuliah kali ini, materi yang di utamakan adalah seni grafis 2 dimensi. Dalam pembuatan seni grafis 2 dimensi dapat dengan cara manual dan digital. (art/seni murni dengan cara manual, dan desaign dengan cara digital).

Ruang lingkup seni grafis, yaitu memiliki 5 ruang lingkup yang sesuai proses pembuatan karyanya.

·         1. Cetak tinggi, biasa nya menggunakan media seperti  plat. Misal dari balok kayu, karpet, dan media sejenis ny yang lain. Dengan teknik mencukil.  bagian yang tersisa hanya bagian desain yang di buat, dan bagian yang di cukil itu bagian yang tidak akan dicetak. Contoh ny : woodcut dan wood endgraving.
·         2. Cetak dalam , kebalikan dari teknik cetak tinggi. Contoh : etching, dry point, mezzotint
·         3. Cetak datar, Disebut cetak datar karena bagian BTM (Bagian tidak mencetak) memiliki tinggi yang sama dengan BM (Bagian Mencetak). Tekniknya adalah monotype ataupun monoprint.
·         4. Cetak saring, seperti  seri grafi (biasa kita sebut sablon)
·         5. Photografi adalah proses menangkap objek  dengan menggunakan media cahaya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

perbedaan sket dengan sketsa

jenis desain dan teknik keramik